Jumat, 18 Maret 2011

kehidupan di akhirat

Mati adalah suatu kejadian yang telah ditetapkan Allah kepada seluruh makhluk yang ada dibumi dan dilangit. Perlu kita perhatikan bahwa kematian itu tak dapat kita majukan dan tak dapat diundurkan bahkan kita tak dapat menolak kedatangannya.

Seseorang manusia ketika ia meninggal dunia ia akan mengalami perjalanan yang amat panjang untuk sampai kepada tujuan masing-masing di dalam kubur atau alam Barzah, menurut amal yang ia lakukan ketika hidup dunia.

Perjalanan seseorang ketika ia mati disaat terpisahnya jasad dan ruh, ketika ia di kuburkan sampai ia menerima tiga pertanyaan yang diajukan Malaikat Munkar dan Nakir kepada si Mayit. Setelah bisa menjawab semua pertanyaan, maka ia dipersilakan melewati sebuah pintu untuk menuju negeri akhirat.

Didalam perjalanan itu tidak sangat menyenang kepada orang yang pada dirinya banyak melakukan dosa dan sebaliknya ia akan mendapatkan kemudahan dalam perjalanan tersebut. Dalam perjalanan hidup setelah mati banyak hal-hal yang terjadi, diantaranya ia akan melihat sekelompok orang yang disiksa, orang yang mendapatkan nikmat dengan banyak makanan, lalu orang yang baru meninggal itu bertanya, karena ia sangat haus dan lapar, dan ia pun menghampiri seseorang diantaranya dengan tujuan untuk meminta sedikit makanan, tetapi mereka tidak memberi dan berkata,

"Kami tidak dapat memberikan sedikit makanan dan kami tidak dapat menolongmu,tetapi kamu dapat membelinnya dengan apa yang kamu punya dipasar, orang itupun bertanya, apakah disini ada pasar dan bagaimana caranya, sedangkan aku tidak punya uang, mereka berkata, belilah dengan apa yang kamu bisa dan kamu mengamalkannya waktu hidup didunia,

orang itu lalu berjalan kembali dan melihat orang yang sedang menikmati makanannya dan bertanya, dari mana kamu mendapatkan makanan ini, orang itu menjawab, anakku telah mengirim Al Fatihah kepadaku dan Allah telah menyampaikan kepadaku.

sumber : andi 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar